Rabu, 14 November 2012

E-COMMERCE



1)    Apa yang disebut E-commerce ? 
 berdasar kepadatransaksinya, berikan contoh masing-masingE-commerce adalah perdagangan secara elektronik yang telah mengubah bisnis menjadi online,tidak hanya memperluas pilihan produk dan jasa bagi konsumen, tetapi juga membentuk peluangbisnis baru & memperkuat bisnis yang telah ada untk mengembangkan strategi denganinternet/pembelian dan penjualan produk dan jasa melalui jaringan komputer.Business-to-consumer pihak penjual adalah suatu organisasi, dan pihak pembeli adalahperorangan.

Jenis-jenis e-commerce:
(B2B): Business-to-business baik pihak penjual dan pembeli kedua-duanya adalah organisasibisnis.
(C2C): Consumer-to-consumer pihak perorangan menjual produk ataupun jasa ke orang lain.
(B2E): Business-to-employee suatu organisasi menggunakan di dalam internal organisasi tersebutuntuk commerce ememberikan informasi dan jasa pada para pegawainyae- :
 Government penggunaan teknologi internet dan E- commerce untuk memberikan layananinformasi mengenai layanan publik kepada masyarakat (disebut sebagai [G2C EC]), atau rekan[G2B EC]) government-to-business (disebut supplier bisnis dan dilaksanakan commerce e- ):commerce.

2)      Manfaat E-COMMERCE ?Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
menekan biaya barang dan jasa,
serta dapat yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang
memperpendek waktu produk cycle
meningatkan Value Chain
meningkatkan costumer loyality
dan melebarkan jangkauwan.
Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut:
Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

3)    Kendala E-commerce ?
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1.Jumlah penduduk Indonesia sebanyak 220 Juta jiwa, tetapi jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 5-7 juta orang. Jumlah tersebut belum lagi dipecah menjadi, pengguna aktif, pengguna yang mengerti browsing (karena ada pengguna yang hanya membuka email untuk kebutuhan komunikasi), pengguna yang mengerti e-commerce, atau pengguna pemula. Kalaupun ada kelompok yang mengerti e-commerce, harus dibagi lagi menjadi, berapa orang yang nyaman berbelanja online, berapa orang yang punya kartu kredit, berapa orang yang percaya dengan kualitas, karena barang tidak dilihat lansung.
2.Selain membuahkan hasil, bisnis di internet juga banyak yang rontok, banyak sekali pelaku bisnis di internet yang gulung tikar karena tidak sanggup bersaing dan tidak memiliki inovasi dan kreatifitas.
3.Banyaknya kriminalitas di internet, seperti card froud (pencurian akses kartu kredit). Hal ini membuat orang konsumen malas berbelanja online. Walaupun sebagian besar toko online menerima pembayaran melalui transfer antar bank.


4)    Jalan menuju e-commerce ?

Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan  ecommerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh
kecerdasan bisnis (business inteligensi) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami
peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.

E-COMMERCE



1)    Apa yang disebut E-commerce ? 
 berdasar kepadatransaksinya, berikan contoh masing-masingE-commerce adalah perdagangan secara elektronik yang telah mengubah bisnis menjadi online,tidak hanya memperluas pilihan produk dan jasa bagi konsumen, tetapi juga membentuk peluangbisnis baru & memperkuat bisnis yang telah ada untk mengembangkan strategi denganinternet/pembelian dan penjualan produk dan jasa melalui jaringan komputer.Business-to-consumer pihak penjual adalah suatu organisasi, dan pihak pembeli adalahperorangan.

Jenis-jenis e-commerce:
(B2B): Business-to-business baik pihak penjual dan pembeli kedua-duanya adalah organisasibisnis.
(C2C): Consumer-to-consumer pihak perorangan menjual produk ataupun jasa ke orang lain.
(B2E): Business-to-employee suatu organisasi menggunakan di dalam internal organisasi tersebutuntuk commerce ememberikan informasi dan jasa pada para pegawainyae- :
 Government penggunaan teknologi internet dan E- commerce untuk memberikan layananinformasi mengenai layanan publik kepada masyarakat (disebut sebagai [G2C EC]), atau rekan[G2B EC]) government-to-business (disebut supplier bisnis dan dilaksanakan commerce e- ):commerce.

2)      Manfaat E-COMMERCE ?Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
menekan biaya barang dan jasa,
serta dapat yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang
memperpendek waktu produk cycle
meningatkan Value Chain
meningkatkan costumer loyality
dan melebarkan jangkauwan.
Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut:
Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

3)    Kendala E-commerce ?
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1.Jumlah penduduk Indonesia sebanyak 220 Juta jiwa, tetapi jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 5-7 juta orang. Jumlah tersebut belum lagi dipecah menjadi, pengguna aktif, pengguna yang mengerti browsing (karena ada pengguna yang hanya membuka email untuk kebutuhan komunikasi), pengguna yang mengerti e-commerce, atau pengguna pemula. Kalaupun ada kelompok yang mengerti e-commerce, harus dibagi lagi menjadi, berapa orang yang nyaman berbelanja online, berapa orang yang punya kartu kredit, berapa orang yang percaya dengan kualitas, karena barang tidak dilihat lansung.
2.Selain membuahkan hasil, bisnis di internet juga banyak yang rontok, banyak sekali pelaku bisnis di internet yang gulung tikar karena tidak sanggup bersaing dan tidak memiliki inovasi dan kreatifitas.
3.Banyaknya kriminalitas di internet, seperti card froud (pencurian akses kartu kredit). Hal ini membuat orang konsumen malas berbelanja online. Walaupun sebagian besar toko online menerima pembayaran melalui transfer antar bank.


4)    Jalan menuju e-commerce ?

Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan  ecommerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh
kecerdasan bisnis (business inteligensi) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami
peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.

E-COMMERCE



1)    Apa yang disebut E-commerce ? 
 berdasar kepadatransaksinya, berikan contoh masing-masingE-commerce adalah perdagangan secara elektronik yang telah mengubah bisnis menjadi online,tidak hanya memperluas pilihan produk dan jasa bagi konsumen, tetapi juga membentuk peluangbisnis baru & memperkuat bisnis yang telah ada untk mengembangkan strategi denganinternet/pembelian dan penjualan produk dan jasa melalui jaringan komputer.Business-to-consumer pihak penjual adalah suatu organisasi, dan pihak pembeli adalahperorangan.

Jenis-jenis e-commerce:
(B2B): Business-to-business baik pihak penjual dan pembeli kedua-duanya adalah organisasibisnis.
(C2C): Consumer-to-consumer pihak perorangan menjual produk ataupun jasa ke orang lain.
(B2E): Business-to-employee suatu organisasi menggunakan di dalam internal organisasi tersebutuntuk commerce ememberikan informasi dan jasa pada para pegawainyae- :
 Government penggunaan teknologi internet dan E- commerce untuk memberikan layananinformasi mengenai layanan publik kepada masyarakat (disebut sebagai [G2C EC]), atau rekan[G2B EC]) government-to-business (disebut supplier bisnis dan dilaksanakan commerce e- ):commerce.

2)      Manfaat E-COMMERCE ?Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
menekan biaya barang dan jasa,
serta dapat yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang
memperpendek waktu produk cycle
meningatkan Value Chain
meningkatkan costumer loyality
dan melebarkan jangkauwan.
Secara ringkas keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut:
Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

3)    Kendala E-commerce ?
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1.Jumlah penduduk Indonesia sebanyak 220 Juta jiwa, tetapi jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 5-7 juta orang. Jumlah tersebut belum lagi dipecah menjadi, pengguna aktif, pengguna yang mengerti browsing (karena ada pengguna yang hanya membuka email untuk kebutuhan komunikasi), pengguna yang mengerti e-commerce, atau pengguna pemula. Kalaupun ada kelompok yang mengerti e-commerce, harus dibagi lagi menjadi, berapa orang yang nyaman berbelanja online, berapa orang yang punya kartu kredit, berapa orang yang percaya dengan kualitas, karena barang tidak dilihat lansung.
2.Selain membuahkan hasil, bisnis di internet juga banyak yang rontok, banyak sekali pelaku bisnis di internet yang gulung tikar karena tidak sanggup bersaing dan tidak memiliki inovasi dan kreatifitas.
3.Banyaknya kriminalitas di internet, seperti card froud (pencurian akses kartu kredit). Hal ini membuat orang konsumen malas berbelanja online. Walaupun sebagian besar toko online menerima pembayaran melalui transfer antar bank.


4)    Jalan menuju e-commerce ?

Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan  ecommerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh
kecerdasan bisnis (business inteligensi) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami
peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.

Model Sistem Umum Perusahaan



1).  Apa yang di maksud dengan model ?
 Pengertian Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.JENIS-JENIS MODEL :
1. Model Fisik ; penggambaran/ bentuk-bentuk entitas dalam bentuk 3 dimensi.
2. Model Naratif ; menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.
3. Model Grafik ; menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.
4. Model matematika ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek
2). Konsep dasar model system umum perusahaan ?
Konsep dasar sistem model umum dalam perusahaan :
http://safrilblog.files.wordpress.com/2011/10/konsep-dasar-model-sistem-umum-perusahaan.jpg?w=300&h=234
PENDEKATAN SISTEMManajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.Sistem Konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi dan standar.2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala).TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM
1. Usaha Persiapan
o Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.
o Mengenal sistem lingkungan.
o Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
2. Usaha Definisi
o Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem.
Tujuannya : mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.
o Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
1. Mengevaluasi standar.
2. Membandingkan output dengan standar.
3. Mengevaluasi manajemen.
4. Mengevaluasi pemroses informasi.
5. Mengevaluasi input dan sumber daya input.
6. Mengevaluasi proses.
7.Mengevaluasi sumber daya output.
3. Usaha Persiapan
o Pertimbangan alternatif yang layak.
o Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.
o Memilih solusi terbaik.
o Menerapkan solusi.
o Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.
FAKTOR MANUSIA YANG MEMPENGARUHI PEMECAHAN MASALAH
3 Kategori manajer dalam merasakan masalah :
1. Penghindar masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi.
2. Mengumpulkan Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a. Gaya teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b. Gaya menerima, manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah
( Problem solver) :
a. Gaya sistematik, manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
b. Gaya intuitif, manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.

3). Cara penggunaanya ?
Penggunaan model sistem umum

Pasar swalayan
Arus Material: barang-barang yang akan dijual.
Arus Personil : Manajer took,pegawai gudang,kasir.
Arus Uang: Pemasukan yang disediakan oleh pembeli dan Pengeluaran kepada pemasok,pegawai dan pemilik.
Sumber daya mesin : Lemari pendingin,kotak peraga,rak-rak,dan computer.
Proses transformasi: Pembungkusan Barang,mengatur barang di rak.
Elemen manajemen system konseptual: Manajer Toko dan asisten.
Pengolah informasi: Komputer dan pembaca beserta kasir.