1DB17
NPM 32111128
Inovasi dan manajemen Inovasi
menurut definisinya Inovasi merupakan Suatu kreasi, pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing.
Inovasi juga bisa berarti memunculkan
gagasan baru dan dapat direalisasikan ke dalam penerapannya. Untuk
mendapatkan inovasi kita harus memerlukan yang namanya kreativitas. Menurut Schemerhorn dalam buku Management (1999) menjelaskan bahwa kreativitas adalah kecerdikan dan imajinasi yang menghasilkan ide solusi bagi suatu masalah.
Inovasi dapat diterapkan pada produk,
layanan, proses manufaktur, proses manajerial atau desain sebuah
organisasi. Inovasi seringkali dalam bentuk produk atau layanan apabila hasil inovasi tersebut dutujukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Contohnya seperti barang-barang yang kita pakai ini merupakan hasil dari Inovasi. Sedangkan Inovasi seringkali dalam bentuk proses apabila hasil inovasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Misalnya menggunakan metode quality control untuk mengurangi kecacatan sehingga mengurangi efisiensi dan efektivitas.
Mengapa Inovasi itu diperlukan?
lvin Toffler dalam bukunya menggambarkan kondisi sekarang itu terjadi :
Kesementaraan
- segala sesuatu menjadi semakin singkat dan cepat. Informasi begitu cepat menyebar dan mengglobal.
- semakin cepatnya usia suatu barang untuk laku di pasaran.
- menjadi ajang yang sangat tepat untuk melakukan seleksi dalam banyak hal.
- ditemukan dalam berbagai jenis barang sehari-hari. Sebagai antisipasi terhadap banyaknya pilihan tersebut, seorang produsen barang atau jasa harus bisa menawarkannya keunikan.
- Waktu efektif segala sesuatu menjadi semakin singkat.
- Jika ada suatu produk baru, maka produk lama mendapat saingan.
- Jika produk baru, dengan teknologi baru yang lebih efektif dan ekonomis itu sudah diterima pasar, maka produk lama tinggallah sebuah kenangan dan menjadi barang kuno.
Manajemen Inovasi
merupakan Proses mengelola inovasi di suatu perusahaan agar dapat
berdaya guna bagi penciptaan keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi
perusahaan. Manajemen Inovasi diperlukan karena untuk mengakui bahwa
ide-ide segar harus terus mengalir secepat mungkin dan setiap saat
sebagai antisipasi perkembangan dunia yang semakin cepat, beragam, dan
dinamis tersebut. Di sini lah manajemen Inovasi itu harus berperan
penting.
Dalam perusahaan, Manajemen Inovasi
diperlukan karena ide-ide segar akan terus lahir di sebuah perusahaan
dan menjadi sangat banyak. Keberadaan ide-ide tersebut harus diatur dan
disusun secara sistematis agar tidak terjadi kesemrawutan. Inovasi yang
harus dijalankan secara sistematis, efisien, dan berkelanjutan ini
memerlukan suatu sistem untuk mengatur ide-ide ini agar lebih
terstruktur. Dari 100 ide yang brilian, hanya satu yang menjadi inovatif. Jika dalam suatu perusahaan dihasilkan 100 jenis produk dalam satu tahunnya, maka dibutuhkan 10 ribu
ide brilian tersebut. Tanpa adanya manajemen yang baik, ide-ide itu
malah akan menumpuk dan kemungkinan akan terlambat untuk diperkenalkan
di pasar. Terlambat diperkenalkan di pasar maka akan kehilangan
pendapatan sehingga makin lama akan kehilangan kemampuan bersaing dengan
yang lain.
Lihat saja perusahaan perusahaan yang
menerapkan inovasi dengan baik. Seperti halnya perusahaan Apple yang
terus mengembangkan inovasinya terus sehingga menghasilkan produk produk
gagdet Ipad, Iphone, Ipod yang diterima di pasar . Google
dengan berbagai layanan yang unik di Internet. Perusahaan perusahaan
kecil yang sudah berinovasi dengan memperkecil waktu proses pembuatan
produknya.
sumber : Agus wibisono.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar