Rabu, 28 Maret 2012

3. Definisi Luas Tentang Organisasi




Definisi Organisasi Belajar menurut para ahli:
-         Peter Senge (1990), mengatakan bahwa organisasi belajar merupakan organisasi dimana orang-orang secara terus menerus memperbesar kapasitasnya untuk menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, dimana pola berpikir yang ekspansif dan baru terpelihara dengan baik, dimana aspirasi kolektif terwadahi, dan dimana orang terus-menerus belajar melihat keseluruhan secara bersama-sama.
-         Organisasi belajar adalah organisasi yang mampu melaksanakan proses transformasi pengetahuan secara siklikal-berkelanjutan, dari pengetahuan pekerja sebagai hasil belajar mandiri menjadi pengetahuan organisasi sebagai hasil belajar organisasional, untuk menumbuh kembangkan modal organisasi”. (diana siregar, ITB)
- Beardwell dan Holden (2001) memberikan definisi yang lebih luas mengenai organisasi belajar, yaitu organisasi yang memfasilitasikan pembelajaran bagi seluruh anggotanya dan mentransformasikan secara sadar dalam konteks organisasi. Adapun maksud dan tujuan penggunaan proses belajar baik individual, kelompok maupun organisasional, adalah mentransformasikan organisasi untuk memenuhi kepuasan stakeholder.
-         Michael Marquardt seperti dikutip Swanson dan Holton (2001) mendefinisikan organisasi belajar sebagai suatu organisasi yang belajar secara kolektif dan bersemangat, dan terus menerus mentransformasikan dirinya pada pengumpulan, pengelolaan dan penggunaan pengetahuan yang lebih baik bagi keberhasilan perusahaan.
-         Stephen Robbins (2002) mengemukakan bahwa organisasi belajar diperlukan bagi manajemen untuk mengembangkan kapasitas organisasi secara bersinambungan untuk menyesuaikan diri dan melakukan perubahan.
Beberapa pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar adalah :
  1. Adaptif pada lingkungan eksternal
  2. Terus-menerus meningkatkan kapabilitas untuk berubah
  3. Mengembangkan kemampuan belajar secara individual dan kolektif
  4. Menggunakan hasil belajar untuk mencapai hasil yang lebih baik.
    Proses belajar tim/organisasi akan efektif jika para pekerja mampu melakukan proses belajar mandiri-yang merupakan proses yang dilalui oleh setiap pekerja untuk meningkatkan kualitas kompetensi individualnya-kemudian dilanjutkan dengan proses transformasi pengetahuan para pekerja menjadi pengetahuan organisasi.
Definisi Organisasi Belajar menurut saya pribadi, kemampuan suatu organisasi (organisasi disini tidak hanya berkaitan dengan sekolah saja tetapi lebih luas seperti perusahaan) untuk meningkatkan kualitas kinerja para anggotanya agar dapat secara terus menerus belajar dan mengembangkan potensinya dari segi berpikir sistematik (systems thinking), penguasaan pribadi (personal mastery), model mental (mental models), dan membangun visi bersama (building shared vision).
Menurut saya yang melatarbelakangi terbentuknya organisasi belajar adalah keinginan-keinginan para individu yang berada di organisasi tersebut untuk lebih memperbaiki kinerja mereka agar tercapai tujuan yang telah disepakati bersama.
Sumber:
http://teknologikinerja.wordpress.com/2008/05/06/organisasi-belajar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar