Rabu, 28 Maret 2012

4. Pentingnya Organisasi dan Metode


Organisasi merupakan suatu kelompok yang saling terkait dan ter organisir serta memiliki tujuan dan visi yang sama. Suatu organisasi kerap kali bergerak secara serentak dan teratur karena mereka memiliki sebuah metode yang menjadi pedoman setiap anggota organisasi. Metode merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan (http://ktiptk.blogspirit.com/archive/2009/01/26/pengertian-metode.html).
Jika metode merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan bukankah organisasi juga merupakan alat yang digunakan setiap anggotanya untuk mencapai tujuannya? Metode bukanlah organisasi, karena jelas kedua hal ini berbeda. Metode adalah alat yang digunakan dalam setiap organisasi agar suatu organisasi tersebut terorganisir dengan baik dan setiap anggotanya memiliki tata kerja yang jelas untuk menggapai tujuan organisasinya, sedangkan organisasi adalah alat yang berhubungan langsung keluar, misalnya terhadap masyarakat.
Organisasi menggunakan sebuah metode untuk mendapatkan tujuannya. Tiap organisasi tentulah memakai metode yang berbeda-beda, metode yang digunakan biasanya tergantung daripada organisasi tersebut bergerak di bidang apa. Organisasi yang bergerak di bidang sosial tentu memakai metode yang berbeda dengan organisasi yang bergerak di bidang niaga (komersil).
Organisasi sosial (non komersil) baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara, mereka lebih ke untuk memajukan masyarakatnya. Organisasi niaga juga berfungsi sebagai pembangunan bangsa dan negara dalam segi perekonomian namun mereka lebih kepada organisasinya sendiri, karena organisasi niaga lebih kepada mencari laba (komersil)

sumber : http://alxsandy.wordpress.com/2011/12/01/pentingnya-organisasi-dan-metode/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar