Rabu, 28 Maret 2012

8. Sejarah Leterlibatan Dalam Organisasi Internasional



Waktu masih dalam negara Republik Indonesia, Timor Leste banyak terlibat dalam berbagai organisasi baik di kawasan atau di dunia. begitu juga setelah menjadi negara sendiri, Timor Leste berusaha untuk terlibat atau setidaknya menjadi observer dalam berbagai organisasi yang ada sebagai salah satu politik luar negerinya dan untuk memenuhi kepentingan nasionalnya, awal dari keterlibatan Timor Leste dengan organisasi internasional mungkin kita bisa lihat dari proses Timor Leste untuk memisahkan diri dari Indonesia. Staf PBB mulai mendarat di Timor-Leste pada akhir bulan Mei 1999, untuk membentuk Misi Perserikatan Bangsa di Timor-Leste (UNAMET). Dengan tujuan untuk membantu penyelenggaraan referendum.
Dan pada tanggal 25 Oktober Dewan Keamanan PBB membentuk Pemerintahan Transisi PBB atau UNTAET (United Nations Transitional Administration for East Timor), yang dipimpin oleh Sérgio Vieira de Mello yang tugas menangani krisis kemanusiaan dan membangun kembali negara Timor-Leste yang tercabik-cabik, setelah berhasil menjadi negara merdeka, timor Leste menjadi anggota PBB. Untuk memperlihatkan eksistensinya sebagai sebuah negara, Timor Leste menggalang kerjasama dengan organisasi internasional lainnya seperti ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), walaupun Timor Leste adalah negara satu-satunya di Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN, dan masih mempunyai status sebagai observer, tetapi Timor Leste berusaha ikut andil dalam berbagai program yang dilakukan oleh ASEAN. Dan merupakan anggota potensial dalam East Asia Summit.
Timor Leste juga ikut terlibat dalam organisasi-organisasi seperti IBRD, IMF, UN, Asian Development Bank, Non-Aligned Movement, CPLP. ACP, ADB, ARF, CPLP, FAO, G-77, IBRD, ICAO, ICCt, IDA, IFAD, IFC, IFRCS, ILO, IMF, IMO, Interpol, IOC, MIGA, NAM, OPCW, PIF (observer), UN, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, Union Latina, UNWTO, UPU, WCO, dan WHO. Timor Leste juga mempunyai status sebagai oberver dalam Pacific Islands Forum, tetapi belum memperoleh keanggotaan dalam organisasi tersebut.

sumber : http://asepeasttimor.wordpress.com/sejarah-keterlibatan-dalam-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar